beladiri wanita  Seringkali kita membaca atau mendengar berita tentang wanita yang dicabuli, diperkosa ataupun dijambret di jalana...

Ilmu Budaya Dasar (IBD) : SENI BELADIRI WANITA

20.47 Julian28 0 Comments




beladiri wanita 

Seringkali kita membaca atau mendengar berita tentang wanita yang dicabuli, diperkosa ataupun dijambret di jalanan. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi wanita untuk memiliki kemampuan membela dan mempertahankan diri.
Maka seorang wanita dituntut untuk selalu berhati-hati dan waspada ketika hendak keluar rumah. Tak ada salahnya jika para wanita dibekali ilmu bela diri guna melawan jika ada orang lain yang mengganggu.
Tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Tak jarang beberapa korban kejahatan adalah wanita. Bagi Anda para wanita, tak ada salahnya melindungi diri sendiri dari ancaman kejahatan. Anda bisa mengambil kelas bela diri yang terbaik untuk Anda.

*Sebelum kita membahasa Ilmu beladiri yang cocok untuk wanita ,
Dari semua seni bela diri yang ada didunia yang pernah diciptakan, ada 7 bela diri yang termasuk sebagai bela diri terkuat dan mematikan didunia sehingga sangat ditakuti oleh dunia. Gaya bela diri ini dapat mengubah tubuh manusia menjadi senjata mematikan, menampilkan kekuatan prajurit sesungguhnya hanya dengan tangan kosong mereka. Ada beberapa seni bela diri dirancang untuk mengasah pikiran dan tubuh. Beberapa digunakan sebagai latihan atau harmoni spiritual. Dan mungkin ada juga yang dirancang untuk membunuh.
Seperti di lansir cbsnews.com, ternyata salah satu di antara 7 bela diri terkuat dan mematikan di dunia berasal dari indonesia. penasaran dengan tujuh bela diri tersebut ? berikut 7 bela diri yang paling ditakuti didunia :

1.     Pencak Silat (Indonesia)
Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri yang berasal dari Asia Tenggara. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran suku bangsa Melayu nusantara. Silat diperkirakan menyebar di kepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi, akan tetapi asal mulanya belum dapat dipastikan. Asal mula ilmu bela diri di nusantara ini kemungkinan berkembang dari keterampilan suku-suku asli Indonesia
Tradisi silat diturunkan secara lisan dan menyebar dari mulut ke mulut, diajarkan dari guru ke murid, sehingga catatan tertulis mengenai asal mula silat sulit ditemukan.Yah, dalam daftar pertama yang dikutip cbsnews adalah silat, bela diri kebanggaan Indonesia. Ada banyak sekali perguruan silat yang ada di Indonesia yang tergabung dalam IPSI. setiap perguruan silat memiliki teknik dan jurus yang berbeda untuk melawan musuh dan mempertahankan diri dari musuh. Bela diri asli Indonesia ini berada di daftar pertama . Terdapat banyak sekali perguruan silat di Indonesia. Tiap perguruan silat memiliki teknik dan jurus yang unik sebagai ciri khas perguruan silat tersebut. Silat selain untuk melindungi diri, juga mengandung aspek mental spiritual, seni budaya, dan olahraga fisik.


Tiap teknik memiliki fungsinya masing-masing yang dapat melumpuhkan musuh dengan cepat dan mematikan. Selain sebagai bela diri , silat juga mengandung aspek mental spiritual, seni budaya dan olahraga fisik Slogan yang paling terkenal untuk silat adalah mengalah, mengalih (biarkan/tinggalkan), dan mengamuk. Penulis juga seorang pesilat , dari perguruan PERISAI DIRI. Bagaimana dengan anda?
2.     Kung fu (Cina)


Daftar seni bela diri yang mematikan dan ditakuti tidak akan lengkap tanpa Kung Fu. Teknik penyerangan tangan kosong ini telah dipraktekkan selama berabad-abad di Cina, dan digunakan oleh prajurit sebagai bela diri yang mematikan. Kung Fu sebenarnya adalah nama umum untuk semua seni bela diri Cina. Ada berbagai gaya, tetapi sebenarnya mereka semua berbagi akar yang sama: menyerang lawan dengan kecepatan dan kekuatan tak terbendung. Bila Anda suka menonton film-film berlatar belakang Cina, pasti tidak asing dengan bela diri yang satu ini. Kung Fu memang telah melekat dengan nama Cina. Teknik penyerangan yang pertama kali dipelajari jika belajar Kung Fu adalah dengan tangan kosong. Selanjutnya, barulah menggunakan senjata seperti pedang, tongkat, dan lain-lain.
Bela diri dari Cina ini berarti secara harfiah: Kesuksesan yang diraih dengan jalan yang berat dan panjang, dan merupakaan beladiri paling tua di dunia. Semenjak diperkenalkan oleh Kaisar Huangti, 2,698 sebelum Masehi, telah berkembang puluhan ribu aliran Kungfu. Secara tradisional, beladiri ini diajarkan oleh para biksu Shaolin, dengan penekanan utama pada moralitas dan filosofi, dimana nilai kerendahan hati, kepercayaan, dan kesabaran, serta penghormatan di tekankan.

3.     Tae-kwondo (Korea)




Tae Kwon Do merupakan salah satu olahraga bela diri yang populer di dunia. Olahraga yang berasal dari Korea ini jika diartikan berarti “seni menendang dan meninju”. Tae Kwon Do memiliki beberapa teknik penting untuk mempertahankan diri. Te-kwondo memiliki arti “jalan kepalan dan kaki”, beladiri ini berkembang pesat pada setelah era PD II, ketika Jepang mengakhiri pendudukan atas Korea. Bela diri ini terkenal atas tendangannya yang mencengangkan, dan menggabungkan antara kemampuan fisik dan kekuatan mental. Pemengang sabuk hitam beladiri ini mencapai 3 juta orang di seluruh dunia.
Bela diri asal Korea dikenal sebagai Taekwondo dan mungkin merupakan seni bela diri ini adalah yang paling populer di dunia. Nama harfiah Taekwondo berarti "seni menendang dan meninju." Penekanan dari Taekwondo adalah gaya menendang. Kekuatan menghancurkan taekwondo berupa teknik tendangan bisa menjatuhkan lawan dalam hitungan detik


4.     Muay Thai (Thailand)



Bela Diri yang ditakuti selanjutnya adalah bersal dari Thailand yaitu Muay Thai, juga dikenal sebagai The Art of Eight Limbs. Mirip sekali dengan kickboxing, tapi bedanya, pukulan dibawah sabuk, siku dan dan lutut semua boleh dipergunakan.Sekarang beladiri ini lebih berfokus sebagai penggunaan badan sebagai senjata, kepalan,tulang kering, siku, lutut, dan berbagai hal lain untuk mengalahkan lawan. Muay Thai adalah olahraga paling populer yang ada di Thailand.
Muay Thay susah sekali diperkirakan kapan tepatnya lahir, tapi berbagai elemen dari beladiri ini dapat ditemui di beladiri Jepang dan India. Popularitas beladiri ini mulai muncul pada 1800an. Secara tradisi, bela diri ini sangat terstruktur, dengan berbagai ritual yang menunjukkan penghormatan kepada lawan. Sekarang beladiri ini lebih berfokus sebagai penggunaan badan sebagai senjata, kepalan, tulang kering, siku, lutut, dan berbagai hal lain untuk mengalahkan lawan. Inilah yang membuat bela diri ini berharga, karena semua bagian tubuh dapat digunakan sebagai senjata.







5.     MCMAP (Marine Corps Martial Arts Program) United States



Pernah mendengar MCMAP ? penulis mengakui baru mengetahu tentang MCMAP. Marine Corps Martial Arts Programs adalah kepanjangan dari MCMAP. Sudah jelas dari namanya bahwa beladiri ini adala bela diri seorang marinir. MCMAP adalah sinergi dari mental, karakter, dan disiplin fisik dengan aplikasi di spektrum penuh kekerasan. MCMAP dilaksanakan untuk meningkatkan efisiensi tempur , serta untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan kepemimpinan Marinir.
Bela Diri Mematikan Di Seluruh DuniaSetiap anggota marine rata-rata harus mengikuti minimal 2 program bela diri per tahun sejak tahun 1775.Pada suatu masa ada 1 program pelatihan bela diri bagi marine dimana program tersebut merupakan gabungan dari beberapa daerah tempat marine pernah ditugaskan.Program tersebutlah yang dinamakan MCMAP.
Pada program modern dari MCMAP ini diajarkan tentang bertarung dengan menggunakan tangan kosong (Prioritas),senjata seadanya (improvised weapons),bayonet, dan bagian dari senapan (popor atau gagang).
Sekarang ketika anda menggunakan teknik MCMAP pada sesorang tiap moves memiliki pilihan untuk menyerang secara fatal (mati) ,hanya melukai untuk menderita secara tersiksa atau bahkan keduanya.






6.     Karate (Jepang)




Jepang adalah rumah bagi bela diri Karate, salah satu seni bela diri yang paling populer saat ini. Tidak seperti gaya lain yang fokus pada bagian tubuh tunggal atau bentuk pertempuran, Karate menggabungkan seluruh tubuh. Meninju, menendang, siku, melempar, membanting dan tangan terbuka. Karate sebenarnya adalah salah satu dari gaya bertarung termuda dalam daftar ini. Seni bela diri ini menjadi populer di kalangan militer Jepang pada abad ke-19 dan ke-20. Dengan pikiran yang terfokus, dan tubuh terlatih, Karate dapat dengan mudah menjadi salah satu bentuk pertempuran yang paling tak terbendung di luar sana.

7.     Krav Maga (Israel)




 Beladiri wajib pengawal presiden Israel, seni bela diri ini tanpa aturan, dan keras. Bela diri ini tidak pernah dilatih untuk olahraga, karena benar2 ditujukan untuk menghancurkan penyerang dengan berfokus pada area vital lawan, misalnya selangkangan dan mata, dan bahkan mengijinkan penggunaan kepala sebagai senjata dan berbagai benda yang ada sebagai senjata. Pendekatan bela diri ini dibagi tiga langkah: Hadapi ancaman, cegah lawan untuk melakukan serangan kedua, dan netralkan lawan.

Israel tidak asing dengan konflik, dan jadi mungkin tidak mengherankan bahwa Israel memiliki seni bela diri sendiri - salah satu yang paling mematikan di dunia-. Bela diri yang berasal dari Israel bernama Krav Maga. Krav Maga dirancang oleh militer Israel dan diajarkan di seluruh dunia. Tidak ada perjalanan spiritual, tidak ada keharmonisan yang ingin dicapai dalam Krav Maga. Bentuk pertempuran ini dirancang dengan satu hal dalam pikiran: melucuti, menonaktifkan dan menghancurkan musuh Anda. Slogan resmi dari bela diri tersebut, menurut New York Times, adalah "Hurt them real bad and then get away".





Seni bela diri terbaik untuk wanita

Sebagai perempuan kita disarankan untuk kursus bela diri. Untuk apa? Bukankah bela diri itu berkesan kekerasan dan tidak elegan dilakukan perempuan? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu seringkali muncul jika kita dihadapkan pada latihan bela diri. Tapi tunggu dulu, sekarang ini banyak terjadi kekerasan yang dilakukan terhadap perempuan karena perempuan sering kali dipandang lemah. Beberapa tindak kejahatan tidak jarang menjadikan wanita sebagai korban. Apalagi jika seorang perempuan terpaksa jalan sendirian karena tuntutan pekerjaan, misalnya pulang malam atau harus melakukan perjalanan seorang diri. Nah, jika demikian kenapa tidak  mempelajari bela diri? Hilangkan kekhawatiran dan jangan tunggu kekerasan menimpa kita.
Dunia bisa jadi tempat yang menakutkan bagi wanita. Beberapa tindak kejahatan tak jarang menjadikan wanita menjadi korban. Untuk itu, tak ada salahnya jika wanita mempelajari ilmu bela diri untuk melindungi diri mereka.
Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga bela diri terbaik yang bisa dipelajari oleh wanita untuk menjaga keselamatan mereka, seperti dilansir oleh Live Strong
Selain untuk menjaga keselamatan diri, dengan latihan bela diri kita akan mendapat manfaat untuk kesehatan. Sebab, seperti halnya olahraga yang lain, berlatih bela diri secara tertatur sama faedahnya dengan olahraga teratur, yaitu meningkatkan kebugaran, karena otot yang ada akan terlatih untuk bergerak dan membuat tubuh menjadi lebih sehat, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Disamping itu, dengan berlatih bela diri akan menimbuhkan keberanian dan rasa percaya diri. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga bela diri yang bisa dipelajari perempuan :





-1. Tae Kwon Do
Tae Kwon Do berasal dari Korea dan merupakan salah satu olahraga bela diri yang populer. Tae Kwon Do sendiri berarti "seni menendang dan meninju." Selain untuk bela diri olahraga bela diri ini juga dilombakan di Olimpiade.
Meski begitu, Tae Kwon Do memiliki beberapa teknik penting untuk mempertahankan diri. Ilmu bela diri ini cocok untuk wanita karena lebih fokus pada menendang. Pria memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang lebih besar dibanding wanita, dan ini bisa membuat wanita lebih rentan kalah jika bertarung dengan pria. Dengan teknik tendangan Tae Kwon Do, wanita bisa mengalahkan kekuatan pria.


Ilmu bela diri ini cocok untuk wanita karena lebih fokus pada menendang. Pria memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang lebih besar dibanding wanita, dan ini bisa membuat wanita lebih rentan kalah jika bertarung dengan pria. Dengan teknik tendangan Tae Kwon Do, wanita bisa mengalahkan kekuatan pria.
Bela diri asal Korea dikenal sebagai Taekwondo dan mungkin merupakan seni bela diri ini adalah yang paling populer di dunia. Nama harfiah Taekwondo berarti "seni menendang dan meninju." Penekanan dari Taekwondo adalah gaya menendang. Kekuatan menghancurkan taekwondo berupa teknik tendangan bisa menjatuhkan lawan dalam hitungan detik.




-2. Aikido

Seni bela diri dari Jepang ini mengajarkan kemampuan untuk membalikkan kekuatan lawan dan menggunakannya untuk melumpuhkan mereka. Seni bela diri ini bermanfaat bagi wanita karena tidak mengharuskan untuk lebih kuat daripada pria atau orang lain yang menyerangnya. Aikido mengajarkan teknik yang membuat wanita bisa lolos dari serangan dan mampu menghadapi lawan. Pemanfaatan kekuatan lawan pada Aikido, sangat cocok untuk para wanita yang mayoritas lebih lemah daripada pria.

Aikido adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Kebanyakan seni bela diri biasanya mengajarkan kekerasan untuk mempertahankan diri. Namun Aikido mengajarkan kemampuan untuk membalikkan kekuatan lawan dan menggunakannya untuk melumpuhkan mereka. Seni bela diri ini bermanfaat bagi wanita karena tak mengharuskan wanita lebih kuat dari pria atau orang lain yang menyerangnya. Aikido mengajarkan banyak teknik yang membuat wanita bisa menghadapi atau bahkan lolos dari serangan.


Beberapa teknik aikido berupa teknik elakan, kuncian, lemparan hingga bantingan. Bagi Anda para wanita, tidak ada salahnya memilih seni bela diri yang satu ini.


-3. Pencak Silat

Pencak silat merupakan olahraga tradisional yang berasal dari Indonesia. Hampir di setiap daerah memiliki aliran pencak silat yang khas. Olahraga pencak silat sangat baik untuk wanita karena selain untuk kebugaran tubuh juga tidak menyebabkan otot-otot membesar sebab gerakannya tidak monoton dengan latihan beban. Pencak silat menekankan pada ketepatan dan kecermatan  dalam setiap gerakan. Gerakannya lentur, bahkan mirip dengan orang menari.


Nah, jika mencermati beragam jenis bela diri yang cocok untuk wanita, maka selanjutnya kita ikuti saja kursus bela diri. Sebab dengan melakukan latihan yang intensif dengan pelatih yang professional akan lebih memudahkan kita dalam berlatih. Tunggu apa lagi, dengan  menguasai bela diri kita akan semakin percaya diri dan tidak takut menghadapi ancaman apa pun.

-4. Krav Maga
Krav Maga berasal dari israel dan cukup populer. Ini merupakan seni bela diri yang dimiliki oleh sistem pertahanan diri dari pasukan Israel. Wanita bisa mendapat keuntungan dari Krav Maga karena sistem ini membantu murid untuk menyeimbangkan fungsi mental dan fisik mereka ketika sedang dalam penyerangan.
Krav Maga bisa memberikan kekuatan pada wanita untuk melindungi diri mereka sendiri melawan situasi berbahaya seperti ketika terjadi pelecehan seksual. Seni bela diri ini mengajarkan wanita untuk menggunakan berbagai bagian tubuh seperti siku dan lutut yang bisa menjadi senjata jika diperlukan.


Israel tidak asing dengan konflik, dan jadi mungkin tidak mengherankan bahwa Israel memiliki seni bela diri sendiri - salah satu yang paling mematikan di dunia-. Bela diri yang berasal dari Israel bernama Krav Maga. Krav Maga dirancang oleh militer Israel dan diajarkan di seluruh dunia. Tidak ada perjalanan spiritual, tidak ada keharmonisan yang ingin dicapai dalam Krav Maga. Bentuk pertempuran ini dirancang dengan satu hal dalam pikiran: melucuti, menonaktifkan dan menghancurkan musuh Anda. Slogan resmi dari bela diri tersebut, menurut New York Times, adalah "Hurt them real bad and then get away"

-5. Brazilian Jiu Jitsu

Teknik bergulat yang ditawarkan oleh seni bela diri ini bisa bermanfaat bagi wanita. Kekerasan seksual serta penyerangan biasanya terjadi di darat dan wanita seringkali jatuh ke tanah. Brazilian Jiu Jitsu yang sangat cocok digunakan untuk pertempuran darat akan sangat membantu wanita untuk mempertahankan diri dalam keadaan terjepit atau terjatuh.

Bela diri yang berasal dari Brazil ini fokus pada teknik bergulat dan menjatuhkan lawan. Teknik bergulat yang ditawarkan oleh seni bela diri ini bisa bermanfaat bagi wanita. Kekerasan seksual serta penyerangan biasanya terjadi di darat dan wanita seringkali jatuh ke tanah.


Brazilian Jiu Jitsu sangat cocok membantu wanita untuk mempertahankan diri dalam keadaan terjepit atau terjatuh.

-6. Jeet Kune Do



Jeet Kune Do didirikan oleh seniman bela diri terkenal Bruce Lee. Keinginan Bruce Lee adalah membuat bela diri terbaik yang paling efektif dan memadukannya menjadi satu sistem pertempuran. Jeet Kune Do mengajarkan siswanya untuk menghadapi serangan dengan cara yang paling efisien. Mereka diajarkan untuk mencapai target terdekat dengan senjata terdekat yang mereka miliki.



Mencolok mata penyerang adalah salah satu cara yang diajarkan oleh Jeet Kune Do. Seni bela diri ini baik dipelajari wanita karena bisa mengajarkan wanita cara menghindari situasi berbahaya secepat mungkin sebelum keadaan semakin memburuk.Teknik bela dirinya menggunakan cara yang efektif dan efisien. Mereka diajarkan untuk mencapai target dengan senjata terdekat yang dimiliki .
-7. Wing Chun

Wing Chun (mandarin: 詠春; pinyin: yǒng chūn; secara harfiah berarti "nyanyian musim semi" atau mandarin : 永春; secara harfiah berarti "musim semi abadi"), juga dieja sebagai Ving Tsun atau Wing Tsun adalah seni bela diri Cina dan bentuk bela diri yang mengkombinasikan penyerangan dan pergulatan dan spesialisasi di pertarungan jarak dekat.

Wing Chun adalah sebuah bentuk seni bela diri yang sangat unik, spesialisasi pada pertarungan jarak dekat, memakai pukulan cepat dan tendangan dengan pertahanan yang ketat serta ketangkasan gerak kaki untuk mempercepat gerak maju. Wing Chun yang efektif dapat dicapai dengan kordinasi antara serangan dan pertahanan yang serentak dan serangan balik.

Praktisi Wing Chun harus belajar untuk melontarkan jumlah energi yang tepat dengan keadaan santai. Guru Wing Chun yang baik akan mengajarkan muridnya untuk mengatasi serangan dengan mengatur posisi dan struktur tubuh daripada menghadapi langsung. Gaya Wing Chun meliputi tendangan, menangkis, serangan beruntun, tinju, menjebak dan mengontrol teknik sebagai bagian dari pertarungan.



Wing Chun adalah seni bela diri yang dikembangkan oleh seorang biksu perempuan. Gerakan-gerakannya sangat cocok buat wanita dan efektif melumpuhkan lawan tanpa harus mengandalkan tenaga besar.

Selain itu, jurus-jurusnya cocok buat duel jarak dekat, sebagaimana tindak kejahatan biasanya dilakukan di tempat-tempat yang sempit seperti dalam kendaraan umum, gang sempit, atau bahkan rumah sendiri.











-8. Kempo



Seni bela diri lain yang berasal dari Jepang merupakan Kempo, olahraga ini menekankan pada gerakan halus. Awalnya, Kempo adalah seni bela diri yang dipelajari oleh para Biksu. Seni beladiri ini melarang penggunanya buat membunuh, menyakiti, ataupun menyerang lawan terlebih dahulu.

Sebab itulah bela diri ini lebih banyak memakai permainan tangan untuk bertahan. Olahraga ini pun banyak dipertandingkan secara nasional dan internasional, sehingga Anda pun dengan gampang menjumpai lokasi latihan Kempo di kota Anda.

Kesimpulan :
Perampokan, pemerkosaan, hingga pembegalan yang marak saat ini menjadi ancaman bagi setiap orang yang keluar rumah. Apalagi kondisi minimnya pengawasan keamanan di jalanan juga membuat para wanita yang pulang malam atau jalan sendirian rawan menjadi korban kejahatan. Namun, lembur mengejar deadline baik untuk urusan kantor maupun kuliah seringkali bikin kamu tak punya pilihan untuk pulang larut malam.
Nah, agar kamu tetap aman, tak ada pilihan lain selain meningkatkan kewaspadaan. Bukan berarti kemana-mana harus punya body guard. Kamu hanya harus tahu jurus-jurus bela diri ringan sebagai salah satu alat pertahanan diri saat yang tidak kamu inginkan terjadi.
Bela diri untuk pertahanan diri wanita itu mudah dipelajari kok, Tidak ada salah kita sebagai Wanita untuk memiliki satu atau lebih di antara Bela diri terbaik yang bisa dipelajari oleh wanita.



Saran :
"Apabila Anda tidak ingin kalah berkelahi melawan siapapun, maka solusi yang terbaik adalah jangan berkelahi dengan siapapun."

Klise banget ya? Maka hal terbaik adalah hindari konflik sebisa mungkin. Jika terjebak di situasi tersebut solusi terbaik kedua adalah menghindar, jangan sok jago, kalau perlu teriak minta tolong, atau lari. Itu adalah solusi terbaik.

Daftar Pustaka :

0 Comments:

:) TOLONG BERIKAN KRITIK , PENDAPAT & SARAN ANDA PADA KOLOM KOMENTAR :d
TERIMA KASIH :))