Akhir-akhir ini berbagai teknologi realitas virtual sedang gencar-gencarnya dikembangkan. Namun beberapa dari kamu mungkin bingung, ada t...

Apa itu virtual Reality dan augmented reality? (VR & AR)

22.09 Julian28 0 Comments

Akhir-akhir ini berbagai teknologi realitas virtual sedang gencar-gencarnya dikembangkan. Namun beberapa dari kamu mungkin bingung, ada teknologi realitas virtual yang namanya Augmented Reality (AR), ada juga yang namanya Virtual Reality (VR). Sebenarnya apakah Augmented Reality dan Virtual Reality ini?


Apa itu Virtual Reality ?



Pengertian Virtual Reality
Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang memungkinkan user dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan berdimensi 3 yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi, sehingga membuat user seolah-olah terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut.
 

Contoh teknologi virtual reality yang cukup sederhana adalah Google Cardboard karena dibuat menggunakan kertas. Google Cardboard ini belum begitu mempunyai banyak fungsi, tetapi dengan menggunakan Google Cardboard kita akan merasakan pengalaman virtual reality dengan cara menggabungkan smartphone yang memiliki sensor gyroscope dengan Google Cardboard.



Teknologi virtual reality ini biasanya digunakan pada bidang medis, arsitektur, penerbangan, hiburan, dan lain-lain. Contoh virtual reality banyak sekali, salah satunya seperti game FPS (First Peson Shooter) yang akan membuat pengguna merasa berada di dalam game tersebut. Selain itu, virtual reality digunakan pada foto dan video 360 derajat yang membuat pengguna merasa berada di tempat tersebut.
Selain itu, beberapa perangkat virtual reality yang cukup populer lainnya adalah Oculus Rift yang dikembangkan oleh Facebook. Oculus Rift memberikan pengalaman berbeda untuk pengguna dalam  bermain sebuah game. Selain  Oculus Rift, perangkat virtual reality lainnya adalah Samsung Gear VR, PlayStaion VR, HTC Vive, dan Octagon VR yang dibuat oleh perusahaan di Bandung.

Adapun kelebihan dan Kekurangan dari Virtual Reality  yaitu :

Kekurangan dari Virtual Reality
Orang mungkin mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat mereka berinteraksi dengan dunia buatan, bukannya dunia nyata dengan orang sungguhan. Akhirnya, virtual reality dapat meningkatkan pengangguran, lebih sedikit orang yang diperlukan untuk merancang proyek-proyek .

Kelebihan dari Virtual Reality
Banyak sekali keuntungan menggunakan virtual reality pekerjaan yang dari susah dapat di jadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya seperti merancang sesuatu bangunan seperti gedung , hotel dan rancangan denah rumah.
Melakukan beberapa latihan yang rumit seperti latihan menerbangkan pesawat bisa kita lakukan dengan stimulator.
Dan game” virtual reality bisa dijadikan pelarian bagi beberapa orang yang sudah penat dengan masalah di dunia realitas , misal seperti Second Life, the sims , dan fable




 Apa itu Augmented Reality ?



Pengertian Augmented Reality
Augmented Reality (AR) atau Realitas Tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya (baik berdimensi 2 dan/atau berdimensi 3) dan benda-benda nyata ke dalam sebuah lingkungan nyata berdimensi 3, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata agar terintegrasi dan berjalan secara interaktif dalam dunia nyata.
 


Untuk perangkat augmented reality yang menyita perhatian adalah perangkat besutan Microsoft yang diberi nama Microsoft HoloLens. Perangkat ini berfokus pada penggabungan hologram tiga dimensi yang bersifat augmented reality dengan dunia nyata , teknologi yang akan membuatmu serasa seperti Tony Stark dalam film Iron Man.
Selain itu, Google Glass yang berbentuk kacamata yang dibuat oleh Google merupakan kacamata yang menggunakan teknologi augmented reality yang memiliki banyak fungsi.


 Teknologi augmented reality ini biasanya digunakan pada bidang militer, medis, komunikasi, dan manufaktur. Contoh yang sering digunakan oleh pengguna adalah Google Translate. Dengan ini, memungkinkan pengguna menerjemahkan kata berbahasa asing yang dilihat menggunakan kamera smartphone seperti papan pengumuman atau rambu-rambu.


Untuk bisa menikmati konten AR, kamu tidak membutuhkan perangkat tambahan lain. Tapi cukup kamera smartphone yang terintegrasi sensor Gyroscope dan Magnetic saja. Game Pokemon GO adalah salah satu game yang mempopulerkan tren AR. Tapi, selain Pokemon GO, masih banyak game dan aplikasi yang juga menggunakan teknologi Augmented Reality, seperti Layar, Ingress, dan Google Translate.

Adapun kelebihan dan Kekurangan dari Augmented Reality  yaitu :
Kelebihan Augmented Reality
Kelebihan utama dari Augmented reality dibandingkan Virtual reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah. Sehingga tidak seperti virtual reality yang sampai saat ini masih digunakan secara terbatas oleh kalangan tertentu, augmented reality merebak secara cepat diberbagai bidang yang bahkan belum dapat dijangkau oleh pendahulunya tersebut.
Kelebihan lain dari augmented reality yaitu dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media. Sebagai aplikasi dalam sebuah smartphone, console game, dalam bingkisan sebuah produk, bahkan media cetak seperti buku, majalah atau koran.

Kekurangan Augmented Reality
Salah satu kesulitan utama dalam mengembangkan aplikasi Augmented Reality adalah masalah pelacakan sudut pandang pengguna. Untuk mengetahui dari sudut pandang apa yang menarik citra virtual, aplikasi harus tahu di mana pengguna mencari di dunia nyata



Pemanfaatan Virtual Reality dan Augmented Reality

Para tentara sedang simulasi perang menggunakan headset VR. via wareable.com

 

AR dan VR bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal di masa depan. Sebagai contoh, augmented reality bisa dimanfaatkan untuk pameran museum. Adanya teknologi AR dalam museum akan memberikan pengalaman layaknya film Night at the Museum ketika mengunjunginya. Belajar pun jadi makin seru.
Augmented reality juga bisa membantu para insinyur dalam membuat cetak biru. Dengan AR, cetak biru jadi bisa diproyeksikan dalam bentuk 3 dimensi. Tentunya ini akan sangat memudahkan proses perakitan atau pembuatan cetak biru tersebut.
Di sisi lain, VR juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal. Sebagai contoh, VR yang dapat memberikan pengalaman nyata dalam dunia virtual bisa diterapkan untuk alat latihan militer. Dengan demikian mereka bisa berlatih mengalami situasi-situasi tertentu di medan perang secara nyata melalui dunia virtual. Seperti di film-film!

 Kesimpulan :

Virtual Reality menggantikan kenyataan dengan dunia semua secara keseluruhan, sedangkan Augmented Reality menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan benda-benda semu.




Referensi:
http://google.com/
https://wikipedia.org/
https://en.wikipedia.org/wiki/Augmented_reality
https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya
http://www.kaskus.co.id/thread/578bad89642eb6d44a8b4567/penjelasan-apa-itu-vr-amp-ar-beserta-perbedaannya/
https://teknojurnal.com/pengertian-virtual-reality-dan-perbedaanya-dengan-augmented-reality/
http://makantidurgadget.com/2016/05/23/project-tango-apa-dan-kenapa-kamu-harus-sangat-peduli/
http://windoten.blogspot.co.id/2016/06/perbedaan-augmanted-reality-vs-virtual.html
http://www.nyoozee.com/tekno/ini-perbedaan-augmented-reality-dan-virtual-reality/
https://jalantikus.com/tips/augmented-reality-vs-vitual-reality/

0 Comments:

:) TOLONG BERIKAN KRITIK , PENDAPAT & SARAN ANDA PADA KOLOM KOMENTAR :d
TERIMA KASIH :))