Apa itu SEO, SEM, SMM dan SMO ! Internet telah dipandang sebagai prospek menjanjikan oleh semua kalangan pebisnis, mulai dari sekto...

Apa itu SEO, SEM, SMM dan SMO !

23.34 Julian28 0 Comments

Apa itu SEO, SEM, SMM dan SMO !

Internet telah dipandang sebagai prospek menjanjikan oleh semua kalangan pebisnis, mulai dari sektor kecil, menengah hingga besar. Demi dongkrak penjualan dan memperoleh banyak konsumen baru, mereka pun rela merogoh kocek untuk membangun sebuah website atraktif. Akan tetapi itu baru sebuah awal tanpa sentuhan ajaib, sehingga butuh perpaduan racikan sempurna antara SEO, SEM, SMM dan SMO. Mari kenali lebih dalam mengenai pengertian dasar dan manfaat utama bagi sebuah website.
Sebuah website terasa “hambar” tanpa diberi bumbu SEO, SEM, SMM dan SMO. Empat elemen tersebut memegang peranan penting dalam penentuan peringkat pada mesin pencari (search engine) serta memberi nilai tambah bagi pengguna internet. Jika tidak ingin buang-buang uang membangun website keren mentereng, sebaiknya mengenal pengertian dasar dari SEO, SEM, SMM dan SMO.

 

Apa itu SEO !

SEO singkatan kata dari Search Engine Optimization, yakni sebuah proses atau kampanye untuk mendorong peringkat sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari, entah itu metode alami maupun berbayar. Kampanye SEO bakal berjalan mulus jika website menganut beragam elemen yang “disukai” oleh mesin pencari. Selain itu perlu ditopang dengan ketepatan pemilihan kata kunci (keyword) yang minim pesaing.
Memenangi SEO perlu menaklukkan dua area dasar untuk mendorong peringkat di hasil penelusuran, yakni on-page dan off-page. Optimasi on-page terpusat pada beragam elemen website yang menyokong sebuah laman web seperti gambar, konten tekstual dan kode HTML. Sedangkan optimasi off-page terpusat pada penyebaran lebih banyak backlink, yakni tautan (link) menuju website yang sedang dioptimasi.
Selain on-page dan off-page, ada tiga metode SEO yang berpengaruh pada peringkat hasil penelusuran mesin pencari yaitu: white hat, black hat dan gray hat. Jika ingin website lebih disukai oleh Google dan sejenisnya, pilih white hat ketimbang black hat. Namun sebagian perusahaan jasa SEO justru menawarkan metode gray hat dimana harganya lebih terjangkau ketimbang white hat.

Bagi CB, SEO terbaik adalah Konten Berkualitas (Quality Content) dengan dukungan Template Blog SEO Friendly, User Friendly, dan Responsive.
  

Apa itu SEM !

SEM singkatan kata dari Search Engine Marketing adalah tipe internet marketing yang berhubungan dengan riset, submit dan posisi dari sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari demi meningkatkan jumlah pengunjung, entah itu alami atau berbayar. SEM bukan sekedar SEO biasa melainkan turut mengusung beragam elemen penting untuk memperoleh trafik lebih banyak, yakni riset kata kunci, analisis kompetitif, posting berbayar (paid listings) dan sejumlah layanan dari mesin pencari.

Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC).” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.
SEM punya jangkauan lebih luas ketimbang SEO. Jika tujuan utama SEO memperoleh hasil penelusuran lebih baik di mesin pencari, maka SEM bertujuan memperoleh pengunjung tertarget dari mesin pencari melalui iklan berbentuk link pada hasil penelusuran selain pencarian alami untuk memperoleh pengunjung tertarget menuju website.

Apa itu SEM Pengertian SEM Search Engine Marketing

 

Apa itu SMM !

SMM singkatan kata dari Social Media Marketing merupakan sebuah metode gratisan atau berbayar untuk memperoleh trafik tertarget menuju website dengan mengandalkan Facebook, Twitter ,LinkedIn, Pinterest, YouTube, Google+ dan jaringan sosial media lainnya. Bisa dikatakan bahwa SMM merupakan upaya dongkrak “nilai jual” sebuah website melalui sosial media, entah itu gratisan atau berbayar via pemasangan iklan.
SMM terbagi menjadi dua area dasar yakni Social Media Optimization (SMO) dan Social Media Advertising (SMA). Tujuan utama SMO yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju website melalui aktivitas sosial di dunia maya seperti blogging, tulis update status di sosial media, terlibat diskusi grup, sosial bookmarking, viral, manajemen reputasi online, polling atau rating pengguna, feedback, tombol sharing dan penggunaan situs berbagi foto dan video.
Sedangkan tujuan utama SMA yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget sebuah website melalui layanan iklan dari jaringan sosial media. Metode ini mewajibkan pemilik website membayar layanan agar iklan promosi muncul di laman sosial media seluruh pengguna demi dongkrak “nilai jual” dan pengikut (follower).

 

Apa itu SMO !

SMO singkatan kata dari Social Media Optimization, yakni sebuah metode meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju website via aktivitas sosial media. SMO bisa dikatakan sebagai proses meningkatkan kesadaran pengguna internet terhadap produk, merek atau promosi event via layanan sosial media beserta komunitas untuk publisitas secara viral.
SMO melibatkan penggunaan RSS feed, situs bookmarking, sosial media, situs blogging dan sharing video/photo. Secara garis besar SMO serupa SEO, yakni bertujuan menggiring trafik menuju website. Akan tetapi metode ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Social Media Marketing.
Apa itu SMO Pengertian SMO Social Media Optimization

 

Manfaat SEO, SEM, SMM & SMO !

Tujuan utama pebisnis membangun sebuah website adalah untuk meningkatkan angka penjualan sekaligus mendekatkan diri kepada konsumen. Akan tetapi hal ini akan berjalan sia-sia jika tidak melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh setelah melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.
1. Trafik kunjungan
SEO, SEM, SMM dan SMO bertujuan meningkatkan jumlah trafik kunjungan dari pengguna internet tertarget, mulai dari mesin pencari hingga sosial media. Empat metode tersebut jauh lebih efektif dan hemat biaya ketimbang email marketing. Dengan penerapan strategi yang tepat, website mungkin saja dibanjiri banyak pengunjung.
2. Peringkat website
Jika ingin website lebih ramah mesin pencari, maka metode SEO, SEM, SMM dan SMO sangat diperlukan. Peringkat website pada hasil penelusuran untuk kata kunci tertentu semakin terdongkrak naik, bahkan kemungkinan besar berada di urutan teratas apabila semua diterapkan sempurna.
3. Cepat populer
Cara tercepat menarik perhatian pengguna internet agar mau berkunjung ke website melalui SEO, SEM, SMM dan SMO. Biaya jauh lebih terjangkau dan efektif ketimbang promosi offline via media cetak atau email marketing. Dampak positif pada website bisa dirasakan lebih cepat, meski tergantung dari konten, kata kunci beserta kebiasaan pengguna internet.
4. Kemudahan analisis
SEO, SEM, SMM dan SMO memungkinkan pemilik website menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa mengetahui langkah dan strategi yang akan diambil karena lebih banyak memperoleh data akurat.
5. Brand awareness
Tujuan utama SEO, SEM, SMM dan SMO tak sekedar meningkatkan trafik kunjungan, tetapi mendongkrak brand awareness atau kesadaran merek di mata pengguna internet. Semakin tinggi posisi website di mesin pencari atau sosial media, maka lebih banyak kunjungan pengguna internet menuju website. Hal ini turut mempengaruhi angka penjualan.
6. Promosi efektif
Menguasai metode SEO, SEM, SMM dan SMO mempermudah website dalam mempromosikan produk, konten, press release atau informasi penting yang perlu diketahui oleh konsumen secepat mungkin. Kombinasi empat metode tersebut sangat kuat sehingga berpengaruh besar dalam promosi efektif nan murah.

 

Seberapa penting SEO, SEM, SMM & SMO?

Jika anda ingin fokus membangun trafik kunjungan dan mendongkrak angka penjualan, maka SEO, SEM, SMM & SMO wajib diterapkan. Jangan hanya terpaku pada satu elemen saja yang cenderung monoton. Trafik dari pengunjung tertarget tak hanya datang dari mesin pencari, namun berasal langsung dari sosial media. Mencicipi empat elemen tersebut mungkin menguras biaya besar, tetapi jauh lebih efektif dan murah ketimbang metode lain, betul tidak?

Referensi :
https://www.google.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/SEO
http://www.contohblog.com/2016/02/Pengertian-SEO-SEM-SMO-SMM.html
https://www.seon.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
http://www.mindreachconsulting.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/

0 Comments:

:) TOLONG BERIKAN KRITIK , PENDAPAT & SARAN ANDA PADA KOLOM KOMENTAR :d
TERIMA KASIH :))