Kita tidak akan pernah tahu bagaimana perkembangan teknologi di masa depan. Yang bisa kita lakukan mungkin hanya sebatas menduga-duga ...

INOVASI : Perpaduan Dua Teknologi VR & AR

20.47 Julian28 0 Comments



Kita tidak akan pernah tahu bagaimana perkembangan teknologi di masa depan. Yang bisa kita lakukan mungkin hanya sebatas menduga-duga dan mengandai-andai, walau mungkin suatu hari nanti teknologi itu mungkin akan menjadi kenyataan.
Jika mengandai-andai itu bisa jadi kenyataan, saya ingin 5 tahun yang akan datang menjadi seseorang yang berpengaruh di dunia, terutama di Indonesia.

The future is called "perhaps," which is the only possible thing to call the future.  And the only important thing is not to allow that to scare you.  ~Tennessee Williams, Orpheus Descending, 1957

Akhir-akhir ini berbagai teknologi realitas virtual sedang gencar-gencarnya dikembangkan. 
AR dan VR bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal di masa depan. Sebagai contoh, augmented reality bisa dimanfaatkan untuk pameran museum. Adanya teknologi AR dalam museum akan memberikan pengalaman layaknya film Night at the Museum ketika mengunjunginya. Belajar pun jadi makin seru. 
Di sisi lain, VR juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal. Sebagai contoh, VR yang dapat memberikan pengalaman nyata dalam dunia virtual bisa diterapkan untuk alat latihan militer. Dengan demikian mereka bisa berlatih mengalami situasi-situasi tertentu di medan perang secara nyata melalui dunia virtual. Seperti di film-film! Namun ada beberapa dari kamu mungkin bingung, ada teknologi realitas virtual yang namanya Augmented Reality (AR), ada juga yang namanya Virtual Reality (VR). Virtual Reality menggantikan kenyataan dengan dunia semua secara keseluruhan, sedangkan Augmented Reality menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan benda-benda semu.


mungkin inovasi yang akan saya buat 5 tahun kedepannya adalah ,Games reality yaitu alat teknologi pendukung games dengan berhujudkan kacamata seperti gabungan dari teknologi Virtual Reality, augmented Reality dan holografis, dengan tampilan layaknya holografis 4D di hadapan kita, yang akan membuat suatu games terlihat nyata seperti benar-benar ada di hadapan kita. teknologi ini juga dapat beradaptasi dengan lingkungan yang ada di sekitar kita dan akan menscan keadaan disekeliling kita untuk di jadian tempat area games .
 kita juga dapat menampikan/merasakan item yang ada di dalam game ke dunia nyata layaknya item itu benar-benar ada di tangan kita dan juga sebalik nya kita dapat menampilkan barang-barang yang ada didunia nyata ke dalam games dengan bantuan scan barcode. 

Sama hal nya dengan teknologi yang dengan HoloLens buatan Microsoft . perangkat virtual yang dijanjikan akan mengubah cara kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 
HoloLens pada dasarnya adalah headgear yang memiliki lensa transparan. Saat menggunakan HoloLens, pengguna tetap dapat melihat lingkungan di sekitar layaknya menggunakan kacamata biasa. Namun berkat HoloLens, lingkungan sekitar itu menjadi lebih kaya karena ada gambar digital yang ditempelkan (overlay) di atasnya. Contohnya pada sebuah dinding kosong, HoloLens bisa menampilkan sebuah layar televisi. Atau pada kulkas, HoloLens bisa memperlihatkan bahan makanan yang harus dibeli.

Gambar digital yang dihasilkan HoloLens sendiri bisa berbentuk tiga dimensi. Pengguna juga bisa berinteraksi dengan benda virtual yang dihasilkan HoloLens. Misalnya saat HoloLens menampilkan gambar tiga dimensi sebuah motor, Anda bisa mengitari motor tersebut dan HoloLens akan menampilkan motor tersebut sesuai sudut pandang Anda. Karena mendeteksi posisi Anda, HoloLens juga menyediakan kemampuan hand gesture meski saat ini terbatas untuk mengklik obyek 3D tersebut.



Untuk menampilkan semua efek tersebut, HoloLens menggunakan cara yang terbilang revolusioner. Yaitu dengan cara menyorotkan cahaya ke mata Anda tanpa menyebabkan mata Anda silau atau merasa tidak nyaman. Semua efek tersebut dihasilkan oleh komputer yang dirangkai ke dalam HoloLens tersebut. Artinya, HoloLens tidak membutuhkan kabel atau smartphone untuk menjalankan fungsinya.

Jika ditilik, efek yang dihasilkan HoloLens mirip seperti yang dihasilkan Google Glass. Namun Google Glass menampilkan gambar di kaca dari kacamata, bukan menyorotkannya ke mata. HoloLens juga berbeda dengan perangkat Oculus Rift, karena Oculus Rift menampilkan dunia yang baru dan terpisah dengan lingkungan sekitar. Baru kali ini ada perangkat yang bisa menggabungkan dunia nyata dan digital dengan teknologi canggih seperti HoloLens.

Pada saat dirilis resmi, Microsoft mempersilakan peserta acara untuk menjajal HoloLens ini. Demonya terbilang sederhana, yaitu memainkan game Minecraft dari sofa dan berbagai obyek yang ada di panggung. Namun semua orang yang menjajalnya pun terpukau dengan efek yang dihasilkan HoloLens. “Microsoft HoloLens adalah magis” tulis situs Ars Technica. “HoloLens menampilkan efek yang akan membuat mereka yang skeptis dengan virtual reality sekalipun ternganga” tulis CNet.

Jika dikombinasikan dengan teknologi lain, potensi yang ditawarkan HoloLens terbilang dahsyat. Salah satunya seperti yang ditunjukkan Microsoft ketika seorang ayah membantu anak wanitanya memperbaiki pipa di rumahnya lewat Skype. Sang ayah bisa melihat apa yang dilihat anak perempuannya, dan bisa menunjukkan apa yang harus dilakukan melalui coretan di tabletnya yang kemudian terproyeksi ke HoloLens sang anak.



Kedengarannya memang seperti film science fiction, namun HoloLens bisa mewujudkannya. Memang, masih banyak tantangan besar yang harus dijawab HoloLens, mulai dari konsumsi daya sampai kesiapan developer sebelum HoloLens siap dipasarkan. Namun melihat potensi yang ditawarkan, cukup beralasan untuk kita menunggu dengan antusias kehadiran HoloLens.


 


Refrensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Hololens
https://www.infokomputer.com/2015/01/fitur/bagaimana-hololens-bekerja/
https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_reality
https://en.wikipedia.org/wiki/Augmented_reality

0 Comments:

:) TOLONG BERIKAN KRITIK , PENDAPAT & SARAN ANDA PADA KOLOM KOMENTAR :d
TERIMA KASIH :))