Pengertian Menurut saya Inovasi SI & TI Modern adalah Ilmu yang mempelajari tentang mencakup Sejarah perkembangan Sistem/Teknolog...

Apa itu Inovasi SI & TI Modern ?

14.02 Julian28 1 Comments


Pengertian
Menurut saya Inovasi SI & TI Modern adalah Ilmu yang mempelajari tentang mencakup Sejarah perkembangan Sistem/Teknologi Informasi , Profesi SI/IT ,Perkembangan Hardware, Software, Trend Sistem/Teknologi Informasi Saat ini dan Masa Depan, perkembangan Sistem/Teknologi Informasi dalam Bidang Kesehatan, Trend Sistem/Teknologi Informasi dalam Bidang Bisnis, Trend Sistem/Teknologi Informasi dalam Bidang Media .



    Jadi apa sih itu Inovasi SI & TI Modern ? Pekembangan teknologi dari tahun ke tahun semakin canggih dan maju inovasi, Setiap tahun berbagai inovasi teknologi terbaru terus bermunculan. Perkembangan teknologi ini bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia. Tak dipungkiri lagi jika teknologi canggih saat ini mampu memenuhi kebutuhan manusia.
Teknologi yang paling dibutuhkan manusia saat ini adalah penggunaan gadget atau ponsel untuk berkomunikasi dari dekat maupun jarak jauh atau sebagai hiburan. Bukan hanya itu, akses internet melalui ponsel pun sangat dibutuhkan manusia untuk mengetahui informasi dan pengetahuan.
Saat ini teknologi terbaru dan tercanggih pun telah menjadi hal yang biasa. Hampir disetiap Negara melakukan berbagai inovasi untuk melahirkan teknologi terbaru. Mulai dari ponsel hingga mobil pun kini menggunakan teknologi canggih.
Seakan-akan teknologi terbaru dan tercanggih ini menjadi tren yang harus diikuti setiap orang di dunia ini. Jika kita kita bisa mengikuti teknologi yang ada bisa-bisa kita tertinggal oleh zaman yang semakin maju.
Saat ini teknologi terbaru dan tercanggih telah bermunculan dan menggebrak pasar global. Lantas apa saja teknologi terbaru dan tercanggih itu? Inilah beberapa teknologi terbaru yang harus Anda ketahui;

1.   Drone

Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh. Dahulu mungkin orang mengenal drone atau pesawat tanpa awak digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik. Namun saat ini drone banyak digunakan sebagai alat untuk mengambil visual baik gambar maupun video dari ketinggian. Karena dapat dikendalikan dari jarak jauh layaknya remote control, drone sangat berguna bagi perkembangan multimedia di dunia saat ini. Drone juga kini muncul berbagai varian dan jenis serta dijual bebas untuk masyarakat luas, walau di Amerika sendiri sebagai negara asal mula drone sempat mempertentangkan masalah ijin terbang drone oleh warga biasa.


2.  IoT

Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan' IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.
Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT. Dan kini IoT menjadi salah satu tugas bagi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.


3.  Project Loon


Apa itu Project Loon?
Banyak dari kita yang berpikir Internet sebagai komunitas global. Namun, dua pertiga dari populasi dunia belum memiliki akses Internet. Project Loon adalah jaringan balon yang bergerak di garis Karman, dirancang untuk menghubungkan orang di wilayah pedesaan dan terpencil, membantu mengisi kesenjangan jangkauan, dan membuat orang dapat kembali mengakses Internet setelah terjadi bencana alam. 
Balon Project Loon mengambang di stratosfer, dua kali lebih tinggi dari pesawat dan lapisan cuaca. Di stratosfer, ada banyak lapisan angin, dan setiap lapisan angin memiliki arah dan kecepatan yang berbeda. Balon Loon mengarah ke tempat yang memerlukannya dengan menaiki atau menuruni lapisan angin yang bertiup pada arah gerakan yang diinginkan. Bermitra dengan perusahaan Telekomunikasi untuk berbagi spektrum seluler, kami membuat orang-orang dapat terhubung ke jaringan balon secara langsung dari telepon dan perangkat berkemampuan LTE lainnya. Sinyal kemudian diteruskan ke seluruh jaringan balon dan turun kembali ke Internet global di Bumi.



4.  Tango


Project Tango, apa itu?

Project Tango adalah proyek Google yang bertujuan untuk membawa augmented reality untuk smartphone dan tablet. Menggunakan pelacakan gerak 3D dan depth perception untuk memungkinkan perangkat untuk tahu di mana kerelatifannya terhadap lingkungan fisik.
Ada developer kit yang sudah tersedia, yang dirancang untuk memungkinkan pengembang untuk mulai bermain dengan teknologi dan mulai membangun aplikasi, dan Lenovo bekerja pada smartphone Project Tango pertama yang dikomersilkan, bulan Juni ini. Terus ke bawah untuk rincian lebih lanjut tentang ini.
Augmented reality bersinggungan dengan virtual reality dalam banyak hal dan Google telah membentuk divisi Virtual Reality terpisah yang mencakup Project Tango. Google dikatakan bekerja pada sebuah headset yang berdiri sendiri yang akan lebih kuat daripada karton dan sebanding dengan Samsung Gear VR. Semua ini tidak dikonfirmasi melalui Google, tapi rumor begitu kuat dan banyak sehingga sulit untuk menyangkal.



5.  Virtual reality (VR)



Salah satu tren yang menarik lainnya di 2016 ini adalah virtual reality atau biasa disingkat VR. Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya. 
 Kelebihan utama dari virtual reality adalah pengalaman yang membuat user merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia maya. Bahkan perkembangan teknologi virtual reality saat ini memungkinkan tidak hanya indra penglihatan dan pendengaran saja yang bisa merasakan sensasi nyata dari dunia maya dari virtual reality, namun juga indra yang lainnya.


Manfaat
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dari Inovasi SI & TI Modern sangatlah banyak mencakup dunia teknologi . Dengan adanya teknologi terbaru ini sangat memudahkan manusia dalam melaksanakan segala kegiatannya. Setiap waktu, satu teknologi terbaru dan tercanggih hadir dan diterima masyarakat. Terknologi tersebut mengganti teknologi pendahulunya yang sudah dianggap kuno. Seperti itulah laju teknologi dalam kehidupan manusia.


Referensi :




1 komentar:

  1. tulisannya lengkap dan informasi blognya update. ditunggu tulisan selanjutnya ;)

    BalasHapus

:) TOLONG BERIKAN KRITIK , PENDAPAT & SARAN ANDA PADA KOLOM KOMENTAR :d
TERIMA KASIH :))